Senin, 16 Mei 2016

Maha vihara Sejahtera Maitreya

Maha Vihara Sejahtera maitreya ini merupakan pusdiklat dan buddist center terbesar di Asia Tenggara yang diresmikan oleh Menteri agama dan Gebernur Kalimantan Timur pada tanggal 7 maret 2016 dan letaknya berada di Jl.D.I.Panjaitan RT 20 No 68 Samarinda Utara, Kalimantan Timur. Selain para pejabat pusat dan daerah, peresmiannya dihadirin oleh para pemuka agama budha dari berbagai negara. 


Suasana saat peresmian pada tanggal 07 Maret 2016


Vihara ini mempunyai keistimewaan karena seluruh bagian luar vihara dilapisi oleh keramik dan memiliki patung-patung budha yang di datangkan langsung dari taiwan yakni Tiga pratima setinggi 3,9 meter ditempatkan di lantai satu (Graha Shakyamuni). Pratima tersebut yaitu Buddha Shakyamuni (Buddha Gautama), Bodhisattva Avalokita dan Boddhisattya Satyakalam. Sedangkan pratima Buddha Maitreya setinggi 5 meter berada di lantai tiga. Selain sebagai tempat ibadah Vihara ini bisa berpotensi sebagai daya tarik wisata religi dan wisata budaya yang akan mendatangkan warga budha dari berbagai negara di Asia Tenggara dan rujukan umat budha di bagian indonesia timur.

Tampak Samping
Namun untuk sementara Vihara ini belum dibuka untuk kunjungan dari masyarakat umum karena masih banyak proses pengerjakan bangunan Maha Vihara Sejahtera Maitreya ini. Saya pun sempat berkunjung tetapi hanya sampai pada laurnya saja .

Tampak Depan

Selfie dengan salah satu patung budha


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Post Via Labels

About

Instagram Photo Gallery

Blogger templates